-->
menemukan kelebihan diantara kekurangan

Kumpulan Artikel

>

Mengelola pendaftaran pesantren baru

Deskripsi

  1. sitren adalah sistem aplikasi pondok pesantren
  2. aplikasi dibuat oleh kementerian agama RI
  3. terdiri dari 3 admin (pusat, propinsi, kabupaten
  4. lembaga adalah lembaga pendidikan keagamaan
  5. pondok pesantren bagian dari lembaga pendidikan
  6. pendaftaran keberadaan atau pendidirna pesantren baru
  7. untuk mendapatkan legalitas pesantren








tugas dan kewenangan

a. tugas admin kabupaten dalam sitren :
  1. melakukan kunjungan atau visitasi kepada lembaga
  2. memeriksa berkas fisik yang diajukan lembaga
  3. memberikan penjelasan tata cara pendaftaran pada sitren
  4. membantu melakukan pendaftaran sitren
  5. membuat surat rekomendasi pendaftaran pesantren
  6. mencetak surat rekomendasi 
  7. memberikan tandatangan kepada pihak berwenang (kepala seksi atau kepala kantor)
  8. memfoto surat rekomendasi
  9. mengubah foto menjadi PDF
  10. mentransfer kepada PC
  11. memfoto dokumen hasil visitasi dan validasi
  12. mengubah foto mejadi PDF
  13. mentransfer kepada PC

b. kewenangan
  1. memeriksa berkas digital ajuan dari lembaga melalui sitren
  2. sebanyak 14 item yang harus diunduh lembaga
  3. menentukan jadwal visitasi atau kunjungan kepada lembaga
  4. memverifikasi dan validasi hasil visitasi dengan aplikasi sitren
  5. memberikan persetujuan atau lakukan penolakan jika kurang lengkap disertai penjelasan, keterangan, solusi
  6. mengunggah file PDF rekomendasi
  7. mengunggah file PDF dokumen visitasi dan validasi hasil visitasi
  8. meneruskan ajuan kepada admin propinsi

c. lamanya proses
  1. rata-rata untuk melakukan proses foto, ubah file pdf, verifikasi, validasi digital memerlukan waktu 1 jam per 1 pesantren
  2. memberikan penjelasan alur proses kepada lembaga usai diajukan ke admin propinsi
  3. memberikan penjelasan setelah mendapatkan dokumen tanda daftar pesantren