-->
menemukan kelebihan diantara kekurangan

Kumpulan Artikel

>

analisis cara kerja pemutakhiran ijin operasional LPQ

Deskripsi

  1. cara kerja ini bersifat tidak baku, masing-masing daerah memiliki perbedaan cara
  2. untuk mendapatkan akurasi data melalui nomor statistik lembaga
  3. LPQ adalah Lembaga Pendidikan Al Quran
  4. LPQ terdiri dari beberapa jenjang : TKQ TPQ TQA RTQ PTQ PAUDQ
  5. LPQ termasuk lembaga pendidikan keagamaan
  6. Emis adalah produk dari Kementerian Agama RI
  7. dikelola oleh direktorat jenderal pendidikan islam
  8. melalui direktorat pendidikan diniyah dan pondok pesantren



Spesifikasi pengelola

  1. memahamai dasar teknologi informasi
  2. terbiasa dengan aplikasi
  3. memahami dasar word dan excel

aplikasi terkait

  1. setidaknya memerlukan beberapa aplikasi untuk membuat pemutakhiran dokumen ijin operasional
  2. ada 3 aplikasi yang terlibat : Excel, Emis online, File Exploler
  3. aplikasi excel berfungsi untuk membuka 4 jenis file
  4. aplikasi emis online untuk mengecek nomor statistik dan nama lembaga
  5. file exploler untuk pergantian switch file yang telah dibuka
  6. file excel ke 1 berisi data lembaga yang akan melakukan pemutakhiran
  7. file excel ke 2 berisi kamus data lembaga untuk mencocokkan nomor statistik sebagai kode unik
  8. file excel ke 3 berisi data lembaga dari data emis sebelumnya dan data lembaga sebelumnya, baik yang terdaftar di emis ataupun belum terdaftar di emis
  9. file excel ke 4 berisi data transisi dari data emis dan data dari kirima lembaga yang bersangkutan

cara kerja

  1. membuka file pertama atau file utama yaitu file berisi data lembaga
  2. membuka file kedua berisi kamus nomor statistik yang diambil dari emis sebelumnya
  3. membuka file ketiga berisi data lembaga sebelum pemutakhiran
  4. membuka file keempat berisi file kosong
  5. membuka aplikasi emis online dan langsung login
  6. membuka aplikasi emis dashboar untuk mengecek data lembaga dari emis sebelumnya

langkah pertama

  1. membuka berkas fisik
  2. membuka file kiriman dari lembaga berupa file excel
  3. cek nomor statistik lembaga
  4. ketik data pendukung lainnya seperti alamat, nama penyelenggara melihat dari dokumen SK kemenkumham, atau melihat akta notaris
  5. sesuaikan data nama pimpinan lembaga, sekretaris, bendahara, nomor hp pimpinan, dan lain sebagainya
  6. semua diketik berdasarkan data fisik melalui proposal

cara cek nomor statistik lembaga

  1. ini langkah paling rumit karena memerlukan ketelitian, kejelian, kesabaran, konsentrasi tinggi
  2. harus memastikan bahwa nomor statistik lembaga benar-benar bersifat unik atau tidak dimiliki lembaga lain
  3. untuk verifikasi satu nomor statistik agar menghasilkan data akurat rata-rata memerlukan waktu 15 - 20 menit, dengan tidak diselingi oleh pelayanan lain
  4. jika ternyata hasil verifikasi nomor statistik tidak ditemukan milik lembaga lain, maka lanjut ke proses pengetikan data lembaga lainnya berdasarkan dokumen pada proposal pemutakhiran
  5. jika hasil verifikasi ditemukan nomor statistik ternyata telah dimiliki lembaga lain, maka harus dibuatkan nomor statistik baru

verifikasi nomor statistik

membuka kamus nomor statistik berupa file excel
  1. membuka aplikasi emis online, khusus admin
  2. membuka aplikasi emis dashboard yang memang diciptakan untuk publik
  3. membuka data lembaga dari data sebelumnya berupa file excel
  4. semua dilakukan pengecekan

komponen yang diverifikasi

  1. nomor statistik
  2. nama lembaga
  3. alamat lembaga
  4. pengecekan silang, adalah melakukan pengecekan dengan cara random dari sebuah nama lembaga
  5. contoh : bustanul 'ilmi, lakukan pencarian berdasarkan kana bustanul ilmi (tanpa tanda baca), al-amin, lakukan pengecekan berdasarkan nama "amin" (tanpa tanda baca)

waktu

  1. untuk mengerjakan 1 data lembaga pemutakhiran dokumen ijin operasional rata-rata diperlukan waktu 30 - 1 jam
  2. banyak memakan waktu pada cross cek data lembaga berdasarkan nomor statistik dan nama lembaga

simak juga

Related Posts