-->
menemukan kelebihan diantara kekurangan

Kumpulan Artikel

>

Analisis pendataan pada aplikasi ropeg kemenag go id

Kamis (15/9/22)
Lanjutan dari kemarin

Analisis pendataan pada ropeg / tangkap layar

Analisis

  1. satu akun digunakan oleh banyak user secara bersamaan
  2. menggunakan jaringan dari hostspot HP masing-masing
  3. diakses dalam waktu bersamaan
  4. anggota tim membuka berkas setiap calon pegawai
  5. mengentri data yang sesuai tertera pada aplikasi

kendala

  1. keluhan yang dialami oleh anggota tim entri
  2. adalah terjadi loading akses cukup lama
  3. satu kali entri data pegawai memerlukan waktu loading rata-rata 3 - 15 menit

dampak

  1. dampak loading lama bisa mengurangi fokus dan konsentrasi
  2. rawan terjadi kesalahan entri
  3. fokus pandangan mata menjadi kurang fokus melihat tulisan pada berkas

tindaklanjut

  1. dilakukan pergantian menekan tombol simpan
  2. usai mengentri satu data pegawai
  3. hal ini sedikit mengurangi beban loading
  4. semula rata-rata loading 3 - 15 menit
  5. berkurang menjadi 2 - 8 menit

uji eksperimen

  1. semua anggota tim agar melakukan logout aplikasi
  2. lalu melakukan login secara bersamaan
  3. bersamaan menekan tombol login
  4. lakukan langkah sebagaimana pada tindaklanjut
  5. hal ini mengalami peningkatan akses loading
  6. semula 3 - 15 menit
  7. menjadi maksimal 5 menit
  8. rata-rata maksimal 2 menit

copas artikel sebelumnya

Alur persiapan validasi dan upload data non ASN

 

1 – Terima File

  1. Menerima file PDF dari admin kabupaten bagian kepegawaian melalui whatsapp
  2. File admin kabupaten menerima file dari beberapa satuan kerja (satker) melalui whatsapp berupa file zip atau rar
  3. Satu file zip atau rar berisi beberapa halaman
  4. Satu halaman memuat data satu pegawai
  5. Data yang dimaksud adalah Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM)
  6. Satker terdiri dari MI MTS MA KUA
  7. MI berjumlah 9, MTS berjumlah 12, MA berjumlah 5, KUA berjumlah 40
  8. Admin kabupaten mengirim file berupa file zip atau rar kepada anggota tim
  9. Anggota tim terdiri dari 10 orang
  10. Anggota tim diambil dari perwakilan satuan kerja dan tenaga pengelola data dari masing-masing seksi atau unit kerja
  11. Masing-masing anggota tim menggunakan laptop tersendiri

 

2 - Buat folder

  1. Setiap anggota tim harus membuat folder berisi data SPTJM
  2. Disesuaikan dengan satuan kerja
  3. Penggunaan nama folder disamakan dalam penamaan
  4. Hal ini untuk mempermudah ketika pertukaran data
  5. Folder yang telah dibuat dikoordinasaikan untuk penyamaan nama

 

3 – Banyak halaman

Satu file PDF terdiri banyak halaman

Satu halaman memuat data satu pegawai berupa SPTJM

 

4 - Ubah nama file

File yang telah diterima dari admin kabupaten harus diubah namanya sesuai satuan kerja masing-masing

Dikelompokkan berdasarkan folder

Satu folder berisi banyak file yang diambil dari banyak halaman dalam file

 

5 - Pisahkan file PDF

Pisahkan file PDF menjadi banyak file PDF sesuai jumlah halaman dalam file PDF

 

6 - Download file PDF berupa zip atau rar

File yang telah dipisahkan didownload dan disimpan pada folder yang teah dibuat sebelumnya

 

7 - Extract file

Ada beberapa anggota tim yang nyaman menggunakan metode dowload berupa file zip atau rar

Ada juga yang mendowload file yang telah dipisahkan

 

9 - Pindahkan pada folder

Pindahkan pada folder berdasarkan folder satuan kerja

 

10 - Ubah nama file PDF

Ubah nama file PDF hasil pemisahan sesuai nama masing-masing

 

Cara pisahkan file PDF atau split file

Pisahkan file PDF menjadi banyak file PDF sesuai jumlah halaman dalam file PDF

Ada beberapa pilihan untuk memisahkan file PDF berdasarkan jumlah halaman, ilovePDF, PDFcandy, nitroPDF.

Dapat dilakukan secar online ataupun offline





Related Posts